Rabu, 02 November 2016

DAUR ULANG SAMPAH

DAUR ULANG SAMPAH

            Sampah telah menjadi ancaman bagi kelangsungan ekologi global. Literasi tentang sampah menjadi sangat mendesak untuk diketahui publik. Salah satu langkah agar kita memahami masalah sampah adalah siklus mengetahui apa yang dinamakan “siklus produk”
             Sikllus produk adalah gambaran suatu produk sebagai hasil proses produksi dan konsumsi: bermula dari bahan mentah, energy yang digunakan, bagaimana proses produksi, proses konsumsi, hingga suatu produk dibuang menjadi sampah.
            Tak banyak orang tahu bahwa bahan baku plastic adalah minyak. Begitupun energy untuk memproduksinya. Lalu, kantong plastic di konsumsi oleh dunia industry ritel atau pasar, kemudian berpindah kerumah-rumah, sampai berakhir di tempat pembuangan sampah. Ketika dibuang sebagai sampah, ternyata butuh ratusan tahun agar kantong plastic dapat terurai atau hancur.
            Dari siklus tersebut, kita memahami bahwa plsatik menggunakan material  yang tak ramah lingkungan sehingga daur ulang menjadi cara terbaik untuk menjaga keseimbangan alam. Namun, akan lebih baik jika berhenti memakai kantong plastic.
                                   
                                                                                                                             Oleh: Sally Morgan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar